Apa itu Rekening Virtual?

IMG_0862 (1) Raline 2 (1)

Semasa SD, pergi ke bank dan menabung adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Waktu itu saya merasa pergi ke bank dan mengantri di teller adalah pekerjaan yang paling keren, karena bisa mengantri bersama orang dewasa lainnya untuk menabung tentunya di rekening saya sendiri.

Namun, nampaknya kesenangan mengantri di bank lambat laun memudar sesuai pertambahan usia saya. Semakin gede, semakin males. Apalagi sekarang… Bukan apa-apa, namanya juga sudah besar, sudah kerja, punya kesibukan yang padat (jiyee padat) jadi susah banget kalo mau ke bank. Mesti izin kantor dulu, nyari bank nya, riweuh, keburu males. Padahal tujuannya paling cuma buat ngeprint rekening koran.

Selain itu tren di kalangan pergaulan saya, apa-apa mainnya sudah transfer. Contohnya pas makan siang:

X: “Eh gue nggak bawa cash nih, bayarin dulu dong, gue transfer sekarang”
Y: “Gue juga juga bayarnya pake kartu sih, yaudah ntar lo transfer ke gue aja ya”

Percakapan di atas sering banget saya alami. Bukan karena males bayar, tapi lebih males bawa cash dan males ngambil duit di ATM (buset, ke ATM aja males). Jadinya, sejak semua punya smartphone, dan kartu debit atau kartu kredit, makan aja maunya tinggal gesek (apalagi kalau ada promo diskon. Hihihi). Di smartphone saya paling nggak ada 3 aplikasi perbankan yang mempermudah kegiatan transfer-transferan. Dan ini juga terjadi sama teman-teman saya lainnya. Masalah transfer-transferan ini pun akhirnya menimbulkan problematika baru: beda bank! Akhirnya, saya perlu nambahin Rp. 5000 – Rp. 7500 perak lagi buat bayar biaya transfer antar bank. Kalau diitung-itung dalam sebulan kan lumayan banget.

Terus saya bilang, “lo buka rekening di bank yang kayak gue dong, biar transfernya gratis”. Malah nyuruh-nyuruh, hahaha. Eh doi malah nyamber dengan anggun “makanya pakai bank yang kalau mau transfer antar bank, sama transaksi lainnya gratis”.

Emang dasarnya saya nggak mau rugi, saya malah fokus sama bank yang dikasih tahu teman saya ini. Emang ada? Atas rekomendasi teman saya yang bilang kalau bank nya bebas biaya transaksi kalau saldo minimal sejuta, browsing lah saya tentang CIMB Niaga. Terus cari tahu bank ini punya tabungan apa aja. Awalnya agak males sih, karena mikir harus pergi ke bank dulu untuk buat rekening baru. Tapi… JRENG! Ada 1 tabungan yang bikin buat saya tertarik banget, namanya ON Account. Soalnya bisa buka rekening TANPA HARUS KE BANK dan nggak ada biaya adminnya! Oke, saya baca syarat dan langkah-langkahnya. Nggak ribet kok. Tinggal registrasi online, trus ntar bakal didatengin sama pegawai bank nya. Singkat cerita, setelah saya daftar, besoknya saya ditelfon sama CIMB Niaga, trus janjian ketemu petugasnya buat ngasih dokumen dan ngasih setoran awal. Ketemuannya bisa di kantor, atau di kafe, atau di mana aja (nggak mungkin di jalan sih). Kemudian, besoknya bener lho, si petugasnya datang ke Pizza e Birra, tempat kita janjian (ini jelas bukan blind date ya). Dan saya cuma tanda tangan, ngasih setoran tunai (yang bisa debit dari kartu ATM bank lain), trus langsung dapet kartu ATM nya deh. Canggih!

Sesuai janji masnya, katanya kalau buka On Account, kita langsung dapet Poin Xtra. Nah poin ini bisa dipakai buat macem-macem kayak bayar bill di kafe, atau nonton. Nah kemarin saya sudah pakai nonton di XXI, dan beneran bisa! Yay! Jadi intinya, saya sekarang punya rekening CIMB Niaga tapi belum pernah ke bank nya sama sekali karena buka account nya via online. Statement bulanan pun tinggal tunggu diemail saja. Yang penasaran sama ON Account, dan cara-caranya bisa klik www.cimbniaga.com

As a foodie, dan orang yang gemar makan bareng temen-temen yang punya kebiasaan nggak bawa cash atau ngandalin promo kartu kredit, jelas sih ini berguna banget. Apa boleh buat, namanya juga anak muda, perlu gaul dan senang makan. Kebayang kan kalo lagi tanggal tua bisa tetep jadi foodie dengan bermodal Poin Xtra itu asik banget? Ini pertama kalinya saya punya rekening bank baru yang nggak pake ribet, dan manfaatnya sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini. Mudah-mudahan ke depannya CIMB lebih banyak menawarkan promosi dengan Poin Xtra dan fitur On Account jadi makin keren!

 

Be Sociable, Share!