Bab Router DWR 116, Si Penyelamat Berjaringan 4G

Happy New Year 2015!

Alhamdulillah bisa mengakhiri tahun 2014 dan mengawali 2015 dengan menyenangkan: “pulang kampung” ke Jogja dan traveling ke Sumbawa Barat & Thailand (blog menyusul). Tapi nggak ada yang lebih nyaman selain tidur di kamar sendiri, setuju?

Begitu kembali dari traveling yang saya lakukan adalah:

  1. Unpacking
  2. Masukin cucian kotor
  3. Transfer foto-foto dari kamera ke laptop
  4. Upload foto-foto ke semua sosial media
  5. Nulis blog

Oke, kegiatan 1,2, dan 3 berhasil dilakukan. Tapi begitu mau upload foto ke media sosial dan posting blog, ternyata internet di kamar mati. Usut punya usut, router di rumah kos saya sudah berumur cukup tua dan sering bermasalah saat memancarkan sinyal wifi dari modem.

DSCF9181

Setelah berapa kali diutak-atik, ternyata router lama ini memang harus segera pensiun. Saya pun melakukan serah terima tugas dan jabatan dari router lama ke router baru: D-Link Wireless N300 Multi-WAN Router. Proses pemindahan dari router lama ke yang baru pun ternyata punya cerita sendiri.

Proses Serah-Terima

Nah, sebagai orang yang jarang gonta-ganti router, tentu saya lupa dan tidak punya data internet yang dibutuhkan agar router dengan modem bisa tersingkronisasi. Maka sebelum menggantinya, kita bisa melakukan 2 cara ini:

  1. Melakukan clone MAC address dari router lama, kemudian datanya tinggal copy-paste ke router baru. Setelah melakukan clone, jangan lupa rebooting modemnya agar bisa berhasil connect dan internet bisa digunakan.
  2. Kalau cara pertama dirasa terlalu geeky, alternatif lain adalah: telepon provider internetnya, minta semua data-data yang dibutuhkan ketika melakukan set up router pertama kali. Setelah semua data terisi dengan benar, niscaya internet bisa bekerja dengan semestinya.

Perlu diperhatikan dengan teliti ketika sedang melakukan setting pertama pemasangan wireless ini, karena mungkin bukan hal yang sederhana bagi orang awam, tapi cukup mudah dilakukan ketika kita mengikuti semua panduannya.

Testimoni Tentang D-Link Wireless N300 Multi-WAN Router

DSCF9193

DSCF9198

DSCF9197

Ini pertama kalinya saya memakai wireless yang bisa menerima internet, tidak hanya dari kabel LAN, tetapi juga dari USB mobile broadband. USB mobile broadband ini biasa dikeluarkan provider internet berjaringan GSM/CDMA. Nah, kebetulan router ini sudah bisa menerima dan menyebarkan teknologi 4G (walau sayangnya, belum banyak provider di Indonesia yang sudah punya teknologi 4G).

Menariknya, kalau kita punya internet kabel dan juga internet mobile, kita bisa menggunakan kedua jaringan ini di router yang sama. Jadi begitu salah satu internet mati (misalnya internet dari mobile providernya mati) secara otomatis, internet dari kabel LAN akan tersambung sebagai back up (bisa berlaku sebaliknya, tergantung jaringan mana yang kita pakai sebagai jaringan utama).

DSCF9200

AHA! Router D-Link sang penyelamat!

Selain itu antena router ini ada 2 (sedangkan router lama saya hanya 1) dan langsung terasa bedanya karena sinyal wifi lebih kuat dan stabil.

Sekarang, karena kuatnya sinyal wifi dari D-Link Wireless N300 Multi-WAN Router, di kamar mandi saja sekarang saya bisa wifi-an. Happy!

Kalau mau lihat spesifikasi produknya, bisa cek sendiri ke: http://www.dlink.co.id/ Atau facebook fanpagenya: https://www.facebook.com/DlinkIndonesia

Be Sociable, Share!

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. Modem wifi di rumah ada 3 hahahahaha~ BOROS !

Leave a Reply