Bab Wisata Gunung Bromo

Perubahan rencana yang cukup mendadak, membuat kami benar-benar memanfaatkan internet dan testimoni para sahabat untuk riset sebelum berangkat ke Bromo.

Dari hasil riset tersebut, kami memberanikan diri untuk tidak memakai jasa tour and travel. Lalu kami memilih cara yang paling nyaman, masuk akal, dan cukup murah yang bisa ditemukan saat itu. Begini kira-kira itinerary singkatnya:

Kami menyewa mobil Innova di Malang dari rekomendasi teman kami dengan harga 600 ribu/hari. Tentu sewa mobil ini akan lebih murah kalau kita beramai-ramai.

Dari rekomendasi beberapa blog backpackers, kami memutuskan berangkat dari kota Malang tengah malam (sekitar pukul 12 malam) sehingga tidak perlu menyewa kamar untuk bermalam saat di Bromo.

Selama perjalanan kami numpang tidur di mobil, dan bangun-bangun sudah sampai di kaki Bromo! Yay! Sekitar pukul 2 pagi, kami langsung mengunjungi rumah penyewaan mobil jeep (kebetulan mobil rentalan yang kami sewa punya kenalan di Bromo, jadi kami tidak perlu mencari penyewaan jeep lagi). Harga rental jeep itu 600 ribu/mobil untuk 4 spot Bromo (sunrise, kawah, pasir berbisik, bukit teletubbies). Lagi, semakin banyak orang, tentu harga sewanya semakin lebih murah.

Perjalanan kami menggunakan jeep dimulai pukul 3 pagi. Spot pertama adalah sunrise point. Setelah berbincang dengan driver/tour guide kami, sebenarnya waktu terbaik datang ke Bromo adalah antara Juli-Agustus. Kalau bulan-bulan musim hujan seperti sekarang ini, bisa-bisa kita tidak dapat sunrise karena tertutup awan. “Tapi ya untung-untungan mas. Kadang dapet, kadang enggak,” ungkap si bapak.

Ternyata hari itu kita sangat beruntung! Kami berhasil melihat sunrise di Bromo yang cantik banget! Setelah cukup terang, kami beranjak menuju kawah, disusul pasir berbisik dan bukit teletubbies. Sebenarnya kalau sudah sampai Bromo, orang-orang setempat bisa langsung memandu kita, tanpa perlu kebingungan.

Pemandangan Gunung Bromo

Pemandangan Gunung Bromo

Awan dan Gunung Bromo

Awan dan Gunung Bromo

Desa Bromo

Desa dan kabut di Gunung Bromo

Berkuda di Bromo

Berkuda di Bromo

Pemandangan Bromo

Pemandangan Bromo

Ivan Loviano di Bromo

Selfie di Bromo pas Sunrise

Pemandangan Gunung Bromo

Pemandangan Gunung Bromo

Nyewa Jeep di Bromo

Nyewa Jeep di Bromo harganya 600 ribu

Gunung Bromo

Gunung Bromo dan langit biru

Selfie di Bromo

Selfie di Bromo

Total biaya transportasi dari Malang ke Bromo adalah:

Rental Mobil 600.000

Rental Jeep    600.000

Tiket masuk   35.000 (kalau nggak salah kami dapat diskon, dari si bapak pemandu kami)

Total: 1.235.000 untuk 2 orang (hingga 4 orang). Alias 617.000 per orang kalau berangkat berdua, atau 309.000 kalau berempat.

Dari Bromo, entah kesambet apa, kami malah tidak jadi kembali ke Surabaya untuk terbang ke Bali. Tapi kami justru lanjut ke… Ijen!

Be Sociable, Share!

← Previous post

Next post →

3 Comments

  1. Gan, ada info contact untuk sewa mobil dari malang plus jeep ke bromo? Rencana desemberan ke bromo. Thanks

  2. aku gak sempet ke Pasir Berbisik.. :(
    Dan gak naik kuda..
    Dan gak naik ke kawah.. :(
    Kapan ke sana lagi yuuk, Phaaan..

Leave a Reply