Melanjutkan perjalanan dari Lombok, hari selanjutnya setelah check out dari Fave Hotel Langko, Mataram, kami beranjak ke Gili Trawangan!

Perjalanan dari Mataram ke pelabuhan Gili kurang lebih memakan waktu 40 menit – 1 jam.

Sedangkan waktu menyeberang pulau dengan menggunakan speed boat hanya memerlukan: 10 menit saja! Yay! Pukul 11 pagi kami sudah tiba di pulau Gili Trawangan (atau yang biasa disingkat Gili T!)

Hotel yang kami inap selama 2 malam adalah Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan yang lokasinya persis berada di pantai yang bisa melihat sunset. Kalau dari peta, hotelnya berada di sisi lain dari pelabuhan Central Gili T.

Pelabuhan Gili Trawangan

Pemandangan Gili Trawangan

Untuk menuju hotel (dengan barang yang berkoper-koper banyaknya) kita bisa naik cidomo – alat transportasi lokal, ditarik oleh kuda, beroda 2 seperti dokar, tapi rodanya menggunakan ban mobil. Atau kalau kita cuma bawa backpack, sepeda juga bisa jadi pilihan seru.

Nah kalau saya sendiri memilih menangkut barang bawaan saya dengan cidomo, tapi sayanya naik sepeda sampai ke hotel sambil melihat suasana kampung turis di Gili Trawangan.

Naik Sepeda di Gili Trawangan

Masih Naik Sepeda di Gili Trawangan

Saya langsung jatuh cinta sama tempat ini. Tidak ada kendaraan bermotor! Kontras sekali sama Jakarta. Perjuangan mengayuh sepeda dari pelabuhan hingga ke hotel tidak terasa sama sekali karena di sepanjang jalan saya ditemani oleh birunya laut Gili bersama orkestra ombak dan angin lembab yang menerpa muka. (Walaupun ya naik sepeda jam 12 siang itu tetep aja panas)

“This is my place. I belong here. I am a beach person.” Batin saya dalam hati.

Aston Sunset Beach Resort Gili Trawangan

Tiba di Aston Resort, saya mendapat es kelapa muda utuh sebagai welcome drink! Heaven! Oke begitu mudahnya saya terpesona dengan kecantikan Gili, saya kembali dihadapi oleh persoalan cukup serius: air kamar mandi!

Orang tua dan beberapa teman saya sudah memberi peringatan bahwa ketika mereka menginap di Gili, persoalan yang cukup bikin ribet adalah ketersediaan air bersih. Karena sesuai pengalaman mereka, bahkan villa atau hotel di Gili banyak yang masih menggunakan air asin.

Mendapat peringatan itu, saya sudah menyiapkan mental untuk nggak keramas selama 3 hari ke depan. Tapi begitu saya masuk kamar, dan memeriksa kamar mandinya: HORE! AIRNYA BUKAN AIR ASIN! Nilai lebih dari hotel ini yang belum tentu dimiliki hotel lainnya di Gili.

Night Market

Beruntungnya saya. Menjelang sunset, di hotel ternyata ada acara night market yang menyediakan banyak jajan pasar, makanan tradisional nusantara, seafood grill, dan free flow cocktail. Sambil ngisi perut, para tamu disuguhi live music, dan sunset yang cantik tentunya. Usai matahari terbenam, keriaan masih berlanjut dengan kehadiran DJ dari Bali.

Tapi saya dan teman-teman melipir ke Central sebentar untuk melihat suasana malam di Gili Trawangan. Masih ada pasar tradisional yang menjajakan masakan lokal (yang kebanyakan dari Jawa), juga ada bar-bar seperti di Legian, Bali.

Informasi dari teman, budaya bisnis di sini juga masih sehat. Bar-bar, serta kafe di Gili konon bergiliran mengadakan event dan promo agar semuanya kebagian rame dikunjungi turis.

Night Market di Gili Trawangan

Snorkeling

Hari berikutnya saya melakukan aktivitas wajib turis di Gili Trawangan: snorkeling! Lokasi yang kami pilih adalah Gili Meno. Karena di sini airnya yang paling tenang, dan biota bawah lautnya juga banyak.

Snorkeling di Gili

Memutari Gili

Kegiatan lain yang saya pilih adalah naik sepeda keliling Gili T. Ini seru banget sih! Saya jadi tahu isi pulau ini. Kebanyakan villa, bar, kafe, dan rumah penduduk. Karena muterin pulau ini, saya jadi tahu tempat yang bagus buat foto-foto, dan tempat buat galau tanpa ketahuan orang. =))

Sisa aktivitas saya lainnya cuma: foto, duduk di pantai, main air, foto lagi, liat sunset, makan. Dan liburan singkat saya berakhir di hari ke 3. Pasti suatu hari nanti, saya akan kembali ke Gili dan stay lebih lama lagi.

Kafe di Gili

Keliling Pulau Gili Trawangan

Ayunan di Gili Trawangan

Berkuda di Gili

Pre Wedding Photography di Gili Trawangan

Travel Tips:

1. Pilih hotel yang menyediakan air tawar bersih, agar selama di sana tidak kesusahan untuk mandi.
  2. sunblock, topi, sunglasses itu penting sekali.
  3. Kalau suka lari, rute keliling pulau Gili Trawangan bisa jadi track yang seru banget! Pastinya lebih seru daripada muterin GBK.