Bab 3 Tips Belanja Online yang Cerdas

Rakuten

Rakuten

Sekitar 5-6 tahun silam – ketika saya masih magang di sebuah majalah pria ternama ibu kota, editor sekaligus mentor saya memberikan sebuah tugas tentang memasuki era digital. Saat itu saya membahas banyak aktivitas offline yang saat itu pelan-pelan beralih ke online. Salah satunya: belanja.

Sebagai seorang penulis, saya mencoba bereksperimen tentang bagaimana aktivitas belanja online pada saat itu. Saya membandingkan webstore “luar” dengan webstore lokal. Sebuah kesimpulan yang saat itu saya tulis adalah, pengalaman belanja online adalah hal yang baru, dan perlu waktu untuk mengubah kebiasaan orang Indonesia untuk beralih ke belanja maya ini.

Lima tahun kemudian, di sebuah coffee shop bilangan Jakarta Pusat, saya duduk di sudut kafe. Membuka laptop, dan otomatis membuka Gmail saya. Perhatian saya tertuju pada sebuah email blast dari sebuah online store yang judulnya menawarkan diskon. Saya membuka laman email tersebut, dan mengklik link yang diberikan. Banyak barang-barang menarik yang saya lihat random di toko itu, dan menggoda untuk dibeli. Setelah mempertimbangkan beberapa lama, saya mengeluarkan kartu kredit di dompet kemudian melakukan transaksi. Semudah itu.

Teringat tulisan saya lima tahun silam. Saya menyaksikan sendiri perubahan perilaku masyarakat tidak hanya perkotaan tetapi juga pelosok Indonesia untuk belanja online. Semakin banyak online store yang ada di ranah maya ini, semakin variatif barang serta harga dan ditawarkan, kemudian muncul kebutuhan baru: Bagaimana belanja online yang juga menguntungkan?

1.Promo & Diskon

Saya pribadi selalu membandingkan sebuah barang di beberapa online shop. Sederhana, hanya untuk mencari harga terbaik. Satu kemudahan yang ditawarkan bertransaksi di dunia maya: Tidak perlu capek pindah-pindah toko.

Kemudian, saya selalu memilih toko online yang menawarkan promo seperti buy one get one, diskon, atau rebate alias poin yang langsung bisa digunakan pada transkasi selanjutnya. Kenapa ini penting? Program poin yang dilakukan online shop itu membuat saya lebih hemat lagi. Dari tidak perlu ke mall, hemat waktu dan biaya, lalu ceritanya dapat “tabungan” dari hasil belanja yang bisa dipakai lagi di kemudian hari.

Satu toko online yang saat ini menawarkan poin ketika belanja adalah Rakuten. Toko online asal jepang yang sudah ada di Indonesia dari tahun 2010 ini, sekarang sedang ada program Rakuten Super Poin, di mana kita bisa mendapatkan poin langsung dalam bentuk rupiah yang bisa kita dapat setelah melakukan transaksi.

Menariknya lagi, saya bisa tahu berapa poin yang akan saya dapat kalau saya belanja dengan nominal tertentu. Misalnya saya akan berbelanja barang senilai 500,000 rupiah, maka saya akan tahu bahwa poin yang akan saya dapatkan nanti adalah sebesar 25,000 rupiah. Poin itu bisa langsung kita pakai di transaksi berikutnya, bisa juga kita kumpulkan dan simpan sampai poinnya cukup untuk mendapatkan barang impian yang lain.

Nah saat ini, Rakuten meluncurkan 5x Rakuten Super Point-back programme. Di mana member bisa mendapatkan potongan harga 5% berupa Rakuten Super Point tambahan. Jadi kalau saya belanja 500,000 maka akan dapat 25,000 Rakuten Super Point, dan tambahan 5% Rakuten Super Point lagi.Rakuten 1

rakuten 2

  1. Fleksibilitas Pembayaran

Ketika belanja online, saya selalu mencari toko yang proses pembayarannya nggak ribet dan fleksibel. Karena banyak sekali calon pembeli yang tidak jadi membeli karena proses pembayaran ribet, berbelit, atau hanya menerima sistem pembayaran tertentu. Di Rakuten, selain transfer antar bank, dan kartu kredit, juga menerima pembayaran melalui Indomaret! Solusi cerdas untuk pembeli online yang tidak punya bank account.

  1. Banyak Pilihan

Semakin banyak pilihan barang di satu toko tertentu, semakin senang saya! Karena proses pembayarannya cuma sekali, dan ga perlu melakukan payment berkali-kali. Dari banyak e-commerce, satu yang paling sering saya datangi adalah rakuten, karena di sini saya bisa menemukan barang-barang unik, juga suka nggak sengaja nemu promo atau event mingguan yang beda-beda. Ya rakuten sering banget bikin event online seru yang beda-beda setiap minggu. Selain sering banyak event online dadakan, di sini saya mudah menemukan barang yang saya mau mulai dari gadget, fashion, bahkan ada section khusus travel yang highly recommended kalau ingin jalan-jalan ke Jepang!

Nah jadi yang biasa saya lakukan kalau belanja di rakuten itu adalah:

  1. Buka websitenya di www.rakuten.co.id. Lalu langsung log in dulu (kalau belum log in, saran saya buruan daftar karena banyak sekali privilege yang didapat ketika sudah jadi member).
  2. Setelah log in, mulai deh browsing barang yang mau di beli. Kalau nggak langsung beli, biasanya saya suka simpen dulu di keranjang belanja, biar nggak lupa. Nah saya biasanya belanja gadget di http://www.rakuten.co.id/category/251//?scid=sn_blogger_14022016_ivanloviano karena pilihannya udah ngalah-ngalahin ambassador.
  3. Kalau sudah dapet apa yang saya mau, tinggal selesaikan proses pembayaran deh. Abis itu, saya langsung cek jumlah Rakuten Super Point saya. Kalau masih dikit, biasanya saya kumpulin terus sampe cukup beli satu gadegt yang harganya lumayanan 😀

Rakuten Indonesia

Sekarang, belanja online sudah seperti hiburan sendiri buat saya. Selain belanja mata, saya jadi update harga-harga barang yang saya incar. Begitu ada diskon atau bonus poin kayak 5x Rakuten Super Point Back kayak sekarang ini, baru deh saya belanja barang yang saya mau. Bagaimana dengan kamu? Apa tips belanja versimu?

 

Be Sociable, Share!

← Previous post

Next post →

4 Comments

  1. Buat gw pribadi, online shop bukan pilihan tepat untuk belanja gadget.

    Emang harga yang ditawarkan pasti lebih murah, tapi ngomongin kualitas harus siap2 deg-deg an. Bisa jadi pengiriman dari sellernya oke banget, tap siapa tau pas dalam pengiriman ada benturan ato kecelakaan yang gak diduga. Meskipun mereka naro sticker fragile, bukan jaminan menurut gw.
    Ujung-ujungnya malah kita repot sendiri harus claim back, ato retur yang bakal disuruh nungguin lumayan lama.
    Jadi khusus buat gadget, lebih ok beli langsung ke gerainya deh menurut gw.

    Kalo buat belanja fashion ato buku sih, menurut pengalaman gw sejauh ini fine2 aja.

  2. Terimakasih atas informasinya,
    Jangan lupa mampir ke blog kami Jual PS4 Murah

  3. Makasih atas tips2nya..sangat bermanfaat..

    recording

  4. Untuk yang suka simpel dan praktis, belanja online memang pilihan yang oke, tapi memang kita sebaiknya memilih situs belanja online yang memang sudah terkenal dan punya reputasi yang bagus

Leave a Reply