Bab Trip Kuliner 5 jam di Pontianak

“Wah kalau main ke Pontianak, kamu harus nyobain kulinernya Van!” pesan teman saya saat membaca postingan Path saya yang arrived in Pontianak. Kami merencanakan berangkat ke Singkawang pada sore hari. Hingga waktu keberangkatan, eksplor kuliner kota Pontianak adalah pilihan yang menyenangkan. Kuliner apa saja yang seru dieksplor dalam waktu yang terbatas?

  1. Gleam Cafe
    Pemberhentian pertama kami adalah Gleam Cafe. Yang favorit dari tempat ini adalah Chai Kue dan Choipannya. Bagi yang mencari kuliner halal, Choipan di sini halal semua, karena isinya lebih banyak sayur. Di sini ada choipan rebus dan goreng yang rasanya gurih. Lebih enak jika ditambah bawang goreng. Minumannya, saya mencicip es lidah buaya. Penyajiannya tanpa menambah rasa lain, jadi rasa lidah buaya yang segar dan tidak terlalu manis menjadi penawar terik matahari di kota yang berada persis di bawah garis khatulistiwa.
    Gleam Cafe Pontianak
    Gleam CafeChoipan Goreng Gleam Cafe PontianakChoipan di Gleam Cafe PontianakPembuatan Choipan
  1. Es Krim A Ngi
    Saat tiba di tempat ini komentar saya: “buset rame banget ya!”. Kota Pontianak yang panasnya gila-gilaan ini memang mengundang untuk mencari kuliner yang segar. Driver mengantarkan kami ke Es Krim A Ngi yang lokasinya tepat di seberang SD Santo Petrus, Pontianak. Es Krim A Ngi yang menawarkan es puter dengan sedikit twist tambahan daging kelapa muda, dan kacang merah, serta disajikan di dalam batok kelapa – sangat-sangat-sangat sulit untuk ditolak. Walaupun rame, kita bisa mendapat orderan dengan cepat (atau mungkin saat itu saya lagi beruntung). Oh iya, jangan lupa cobain juga jajanan pasar yang rasanya menurut saya juga enak.Eskrim di GelasEs Krim Coklat di dalam batok kelapa

    Eskrim A Ngi Pontianak

  1. Kepiting Pondok Kakap
    Sebenarnya ada restoran kepiting yang lebih enak (menurut teman saya) yang harus saya coba. Karena waktu yang terbatas, trip kali ini hanya mengizinkan saya singgah di Kepiting Pondok Kakap di Jalan Ismail Marzuki. Begitu tiba kami memesan beberapa varian kepiting yang tawarkan: Kepiting Asap, Kepiting Telur Asin, Kepiting Saus Tiram, dan Kepiting Saos Padang. Kami juga mencoba sup asparagus, dan kakap terbang, serta beberapa sayuran. Rasa kepitingnya enak! Kepiting asap yang jadi andalan, memang enak (walaupun saya pernah dikasih oleh-oleh kepiting asap yang rasanya jauh lebih enak dari ini, hanya tidak menemukan restorannya). Apakah tempat ini recommended? Menurut saya kurang. Tempat ini banyak disinggahi para pejabat, dan turis seperti saya, namun kalau ke sini perlu hati-hati dan teliti terutama dalam membaca bill. Saya sangat menganjurkan untuk membaca dengan teliti nota tagihan makanan. Karena saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Pesanan saya di bill tiba-tiba membludak. Bayangkan di bill saya tercantum nasi putih sebanyak 114 porsi, lalu ada beberapa pesanan minuman yang kalau ditotal melebihi (dengan tidak wajar) jumlah rombongan kami. Lalu setelah kami koreksi, tagihan makanan kami berkurang hingga satu juta rupiah. Luar biasa! Bagaimana kalau kami tidak periksa kembali tagihan kami tersebut?Kepiting Pontianak

    Kepiting Asap Legendaris

    Kepiting Asap Legendaris

    Kepiting Telur Asin

    Kepiting Telur Asin

    Sup asparagus

    Kepiting yang belum dimasak

Pesta kuliner kami harus terhenti, sebab hari semakin sore, dan kami harus segera beranja ke Singkawang.

 

Be Sociable, Share!

← Previous post

Next post →

5 Comments

  1. Buatku malah yang paling enaknya yang telur asin.

    Mungkin juga karena dia paling deket piringku. Dan aku laper.

  2. aku kzl baca komen tenit hahahahaha

    eh aku suka banget es krim (es puter?) a ngi. dahsyat!

  3. Chai Kue panas confirmed enak!!

    Btw, ga ada tulisan tentang makanan khas Singkawang :Suttong Kangkung.

    Emang rasanya agak aneh di lidah. Steam cumi, kangkung hidroponik, bumbu kacang sama kuah lendir asem. Seenggaknya udah tau rasanya aja.

  4. Tipsnya bener banget nih sodara Ivan!

  5. Semoga kita bisa mencicipi makanan-makanan yang katanya lebih enak di Pontianak yah!

Leave a Reply